Cara Simpel Meningkatkan Kinerja Laptop Lemot Jadi Ngebut – Kinerja laptop lemot memang menjengkelkan. Apalagi ketika sedang perlu-perlunya seperti mengerjakan tugas kuliah, membuat laporan, edit foto, edit video dan lain sebagainya.

Cara simpelnya adalah dengan lembiru. What?? Lempar beli baru. wkwkwkwk…

Oke, kembali ke laptop!

Laptop lemot karena hardware kesusahan untuk menjalankan perintah yang kita input. Bisa jadi penyebabnya karena hardisk yang kepenuhan serta chache dan cookies yang sudah menggunung. Cara mengatasi laptop lemot untuk kasus seperti ini penyelesainnya relatif gampang, karena yang perlu kamu lakukan adalah memberi ruang pada hardisk dengan menghapus file-file yang tidak penting.

Sedangkan untuk menghapus sampah cache dan cookies, bisa menggunakan software CCleaner. Bisa juga dengan cara masuk ke eksplorer >> klik kanan system C >> Properties >> Disk Cleanup >> Clean up System Files >> ceklis apa saja mau dihapus >> Ok

system cleanup

Jika hal-hal simpel di atas sudah dilakukan dan lapto masih tetap lemot, mungkin kini waktunya membeli part-part penting untuk meningkatkan kinerja laptopmu.

Berikut beberapa part yang harus kamu beli:

SSD

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. Ini adalah sebuah hardisk yang lebih ngebut dari pada HDD biasanya. Harganya relatif mahal tapi dijamin laptop jadi ngebut. Ukuran SSD cuma satu yakni 2.5 inci. Untuk laptop yang tidak memiliki space untuk hardsik tambahan, bisa diakali dengan hardisk caddy. Hardisk caddy ini bentuknya seperti DVD ROM laptop dan letakknya pun menggantikan space DVD laptop. Tersedia dalam dua ukuran, 9.5mm dan 12.7mm. Laptop yang tebal biasanya menggunakan hardisk caddy 12.7mm sedangkan laptop tipis memakai 9.5mm. Terakhir instal Operating System-nya (OS) di SSD laptop/PC.

CEK HARGA SSD: 128GB | 512GB | 1TB

RAM

Jika laptop kamu masih memakai RAM 2GB atau 4GB pun, baiknya di upgrade saja. Minimal 8GB sudah bisa menjalankan berbagai software zaman sekarang yang relatif berat. Hal yang harus diperhatikan untuk upgrade RAM laptop adalah DDR-nya. Tinggal sesuaikan dengan DDR laptopmu. Jika laptopmu menggunakan DDR3, beli RAM DDR3 juga. Jika menggunkan DDR4, ya beli RAM DDR4.

Hardisk dan RAM sudah diupgrade, rasanya sudah cukup untuk membuat laptop lemot jadi ngebut.

PROSESOR

Ada satu part lagi yang bisa diupgrade tapi jarang orang melakukannya, yaitu upgrade ‘Prosesor’. Beberapa laptop ada yang bisa prosesornya diupgrade dan juga ada yang tidak bisa sama sekali. Kalau mau upgrade prosesor, cari tau dulu seri prosesor apa saja yang cocok untuk laptopmu. Sekian tips dan trik yang bisa kamu lakukan supaya laptopmu negbut kembali. Salam BuzzerTekno!!!

Komentar

Samsung Galaxy A34 5G vs Samsung Galaxy A54 5G

MSI Modern 14 B5M AMD Ryzen 5

Inilah Bocaran Xiaomi Redmi 11 5G: Spek, Harga dan Rilis

Razer Kishi V2: Controller Keren Untuk Gamer Android dan iPhone

POCO F5

iQOO Pad Tablet Pertama Dengan Dimensity 9000 Plus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *